Kampung Warna di Kota Malang

Malang yang memang sudah terkenal karena memiliki banyak sekali tempat wisata, warga Malang tidak pernah kekurangan kreatifitas untuk selalu menampilkan tempat-tempat wisata baru, dan trobosan-trobosan pada tempat wisata yang sudah exist sebelumnya.

Beberapa waktu yang lalu saya sedang melakukan perbaikan sepeda motor saya di daerah sekitar Embong Brantas Kota Malang, lalu sambil menunggu motor saya diperbaiki saya berjalan-jalan di sekitar jembatan Brantas. Jika biasanya saya hanya melintas saja di atas jembatan tersebut, sekarang saya berkesempatan untuk berjalan-jalan santai di sepanjang jembatan tersebut.

Saya mulai berjalan-jalan dari sisi jembatan sebelah barat, ternyata menikmati aliran sungai Brantas dari atas jembatan ini memang cukup menyenangkan juga, meskipun di sisi kanan dan kiri sungai terhampar pemandangan permukiman padat. Tetapi tetap dapat mnyuguhkan keindahannya sendiri.

Tetapi saat saya mencoba untuk menyeberang ke sisi jembatan sebelah Timur, ternyata ada pemandangan yang tidak lazim yaitu pada bangunan permukiman padat yang berada di sisi sebelah Selatan sungai Brantas. Bangunan-bangunan tersebut pada sisi luarnya di cat dengan berbagai cat warna-warni, sangat kontras sekali dengan bangunan yang terdapat pada sisi sebelah Utara sungai Brantas, yang tetap menunjukkan kekhasan dari permukiman padat di pinggir sungai.

Setelah saya berbincang-bincang dengan orang bengkel yang membetulkan sepeda motor saya, mereka mengatakan bahwa rumah-rumah di daerah itu dicat oleh sebuah pabrikan cat, jadi rumah-rumah itu dijadikan sebagai ajang untuk promosi produk cat mereka. Dan pengecatan tersebut ternyata sudah dilakukan sekitar tahun lalu.

Dan yang tidak saya duga, bahwa daerah tersebut telah menjadi lokasi wisata murah meriah di sekitar Kota Malang. Dan saat saya melihat lagi ke lokasi tersebut ternyata banyak sekali muda-mudi, baik berpasangan maupun yang datang berkelompok, dan kegiatan yang mereka lakukan di sana kebanyakan adalah berswafoto/selfee.

Jika tempat parkir di bagian atas permukiman tersebut ada di dekat gapura sebelah Selatan Jembatan Brantas, dan jika di sini sudah penuh maka di tengah pasar barang bekas ada orang yang juga menawarkan lokasi parkir kepada para pengunjung. Sebenarnya jika ingin turun ke sana tidak ada tiket masuknya, dan bisa saja langsung ke lokasi.

Yang pasti lokasi ini mengingatkan saya pada salah satu kota dekat pantai di Italia yang rumah di sana juga mengecat tembok depan rumah mereka dengan cat beraneka warna. Tetapi jika di sana hal ini dilakukan agar para pelaut dan nelayan tidak tersesat di saat akan menuju pantai, jadi fungsinya adalah sebagai penujuk arah. Hal ini karena daerah tersebut sering terjadi kabut yang sangat tebal, sehingga sangat menyulitkan para pelaut dan nelayan yang ingin menuju pantai, terutama pada malam hari.

Tetapi jika perumahan di Kota Malang ini di cat dengan beraneka ragam warna yang menarik dan mencolok, sepertinya murni karena faktor promosi saja dari pabrik catnya. Dan belakangan ini saya baru tahu bahwa tempat ini diberi nama kampung warna Kota Malang. Dan sampai sekarang saya tidak tahu siapa yang memberi nama tersebut.

parkir-kampung-warna

Tulis balasan...