Jembatan Brantas Kota Malang

embong brantas (5)

Meskipun Kota Malang adalah kota yang terletak di dataran tinggi, tetapi kota ini memiliki banyak sekali aliran sungai yang membelah di tengah-tengah kotanya. Salah satu sungai yang membelah Kota Malang adalah sungai Brantas. Dan di Kota Malang sendiri ada beberapa jembatan yang berada di atas Sungai Brantas tersebut. Dan sebagian dari jembatan tersebut merupakan hasil karya dari Bangsa Belanda waktu mereka menjajah kita.

Bahkan sampai saat ini hampir semua jembatan buatan Bangsa Belanda tersebut masih sangat baik kondisinya dan masih digunakan secara penuh, bahkan jembatan sungai Brantas yang berada di sekitar Jalang Embong Brantas ini, masih digunakan oleh truk-truk besar yang terkadang membawa beban yang cukup berat, belum lagi jika terjadi kemacetan ataupun kepadatan di sekitar jembatan ini maka dapat dibayangkan seberapa kuatnya jembatan ini, dengan kondisi yang tidak lagi muda dan juga dari beban yang harus ditanggungnya.

Sebenarnya untuk Kota Malang sendiri terdapat peraturan yang mengatur truk barang dan juga kendaraan berat lainnya untuk tidak melewati jalan yang berada di tengah kota. Jadi mereka harus melewati jalur yang ada di pinggir Kota, dan salah satu jalur yang harus dilewati oleh truk-truk tersebut adalah jembatan Brantas. Apalagi jika tujuan mereka adalah bagian selatan Malang, misalnya saja tujuan mereka ke Blitar ataupun ke Lumajang maka mereka harus melewati jembatan Brantas ini.

Saya pernah mendengar bahwa jembatan-jembatan di Sungai Brantas ini, dulunya dibangun oleh Belanda dengan maksud agar jika nanti saat terjadi serangan dari segala penjuru, terutama dari sisi sebelah selatan Kota, maka jembatan ini akan dihancurkan, agar dapat menghambat pergerakan musuh, dan dengan jurang sungai Brantas yang cukup dalam dan aliran sungainya yang cukup deras, maka lokasi seperti ini akan dapat menjadi benteng alami yang cukup efektif.

Tetapi ternyata saat Jepang menyerang ternyata jembatan ini tidak jadi dihancurkan, bahkan saat terjadi agresi Belanda satu dan dua, yang ternyata Belanda berhasil masuk sampai pusat Kota malang, ternyata jembatan-jembatan ini juga tidak dihancurkan, bahkan sampai hari ini jembatan ini tetap bediri kokoh. Bagaimanapun juga Jembatan Sungai Brantas ini adalah salah satu saksi bisu perjalan sejarah yang ada di Kota Malang.

Tulis balasan...