Bengkel Skok/Suspensi Sepeda Motor di Malang

 

Beberapa waktu yang lalu saat saya akan mengganti kampas rem belakang di salah satu bengkel di dekat rumah, ternyata tukang di bengkel tersebut melihat bahwa oli di suspensi belakang sepeda motor saya tampak merembes. Lalu beliau mengatakan bahwa pelumas di suspensi mulai merembes, dan kemungkinan besar sudah mengalami kebocoran silk, dan dia menyarankan agar segera dilakukan perbaikan karena jika sampai terlambat maka suspensi tersebut harus diganti, untuk bahasa yang dia gunakan adalah jika sampai ass suspensi/skok tersebut mengalami goresan, maka itu sudah terlambat dan harus diganti.

Jika tidak segera diganti dan jika sudah terlambat, kerusakan suspensi tersebut dapat diamati dari keausan yang terjadi pada permukaan roda, karena posisi dari sepeda motor tidak akan center di tengah tetapi menjadi condong ke arah suspensi tersebut mati, jadi posisi roda juga tidak pas ditengah, sehingga keausan yang terjadi pada roda tersebut akan terjadi pada satu sisi saja.

Sebenarnya dalam berkendara sepeda motor, saya melakukan secara standar, dan tidak berlebihan, baik secara kecepatan, maupun secara jarak tempuh dalam sehari. Tetapi memang karena umur kendaraan saya yang sudah mencapai tujuh tahun pada tahun ini, maka memang beberapa komponen mengalami keausan dan juga memerlukan pergantian. Tetapi memang secara keseluruhan kondisinya masih cukup baik.

Saat mencari orang atau bengkel yang dapat memperbaiki suspensi sepeda motor saya tersebut tidak semudah seperti yang saya bayangkan, karena jika yang bermasalah adalah ban sepeda motor, maka banyak bengkel yang sanggup mengerjakan, tetapi saat berhubungan dengan suspensi sepeda motor maka banyak bengkel yang angkat tangan – tidak sanggup. Bahkan sedemikian banyak bengkel yang ada di dekat rumah saya tetap saja tidak ada yang bisa memperbaikinya.

Akhirnya saya ingat bahwa di sekitar Kota Malang ada daerah yang banyak bengkel perbaikan pelg, body, dan juga skok sepeda motor, yaitu berada di daerah sekitar embong brantas, tepatnya di ujung timur jalan Aris Munandar, yang berbatasan dengan jalan embong brantas.

Lalu saya mencoba untuk mencari bengkel yang sanggup untuk melakukan perbaikan skok sepeda motor saya tersebut, dan saat saya mulai dari sisi sebelah barat, sudah banyak banyak petugas bengkel yang menanyakan apakah yang menjadi permasalah saya, lalu saat saya menjawab bahwa ada kerusakan pada bagian suspensi belakang motor saya, maka mereka semua mengatakan bahwa mereka tidak sanggup dan menyarankan untuk pergi ke bedak bengkel yang berada pada bagian paling ujung jalan tersebut.

Ternyata benar bahwa hanya bengkel tersebut saja yang bisa melakukan perbaikan skok sepeda motor. Tetapi saat dilakukan pengecekan ternyata suspensi bagian depan motor saya juga mengalami kebocoran, jadi saya juga minta untuk dilakukan perbaikan juga. Untuk waktu perbaikannya memakan waktu sekitar satu jam setengah, yaitu untuk dua suspensi. Hanya saja untuk suspensi bagian depan motor saya sudah mengalami goresan yang cukup parah pada bagian ass, tetapi saya tidak melakukan pergantian ass tersebut tetapi hanya sekedar melakukan perbaikan silknya saja.

Untuk biaya yang dikenakan pada saya untuk ongkos perbaikan kedua suspensi tersebut, beserta dengan pembelian dua buah silk baru adalah Rp 90.000,- . Saya pikir harga tersebut masih terbilang cukup murah, bila dibandingkan dengan harus membeli suspensi baru yang saat ini harganya sekitar Rp 450.000,-/buah. Setelah perbaikan tersebut ternyata memang terasa bedanya, jika sebelumnya motor saya terasa agak miring ke kanan, tetapi setelah suspensi tersebut diperbaiki ternyata motor saya sudah terasa lebih center jika dikendarai.

One Comment

Tulis balasan...