Patung Singo Arema di Taman Trunojoyo

UPatung singo Arema (1)ntuk wilayah Malang dan sekitarnya merupakan basis suporter fanatik dari klub sepak bola Arema Chrounus, dan logo dari klub ini adalah kepala singa, dengan julukan “Singo Edan” / dalam bahasa Indonesia “Singa Gila”, dengan warna kebanggaannya yaitu biru.   Jika di luar negri ada negara yang namanya Singapura yang artinya kurang lebih yaitu “Negara Singa”, maka oleh warga Malang kotanya dijuluki sebagai “Kota Singa”. Karena itu wajar saja jika di Malang Raya banyak sekali bentuk patung singa yang bertebaran di mana-mana.

Untuk letak dari patung ini sendiri, yaitu terletak persis di seberang jalan depan pintu keluar Stasiun Kota Baru Malang, sehingga akan sangat mudah untuk terlihat dari pintu keluar stasiun, dan bagi para penumpang kereta api yang turun di Stasiun Kota Baru Malang saat akan meninggalkan stasiun akan disambut dengan kehadiran patung ini. Dengan ukuran yang cukup besar maka patung ini dapat dikatakan sangat gagah, dengan tinggi dasar patung dari trotoar jalan mencapai satu meter lebih, dan dengan tinggi patungnya sendiri kira-kira 4 – 5 meter.

dan yang paling pPatung singo Arema (2)enting hingga saat ini patung tersebut menjadi salah satu beground dari orang yang suka dengan fotografi terutama selfie, terutama oleh orang yang berasal dari luar kota. Dahulu saat baru saja diresmikan patung ini bahkan dapat dipanjat oleh orang-orang yang melakukan selfie, hingga mereka dapat berfoto sampai di bawah kaki singanya, tetapi saya tidak tahu apakah sudah ada kejadian yang fatal, hingga sekarang untuk bagian bawah patung diberi banyak sekali bunga hias dalam pot, yang menandakan bahwa patung tersebut tidak boleh untuk dipanjat (sebuah bentuk larangan untuk memanjat ke atas patung yang halus).

Jika para pembaca sedang berkunjung ke Kota Malang, sebenarnya untuk patung singa yang ada di Malang Raya ini, tidak hanya satu ini saja yaitu yang ada di depan Stasiun Kota Baru Malang, karena sudah menjadi ciri khas  Malang Raya menggunakan berbagai macam bentuk yang berhubungan dengan singa, maka tidak mengherankan jika di banyak tempat seperti pintu gerbang gang-gang dan pintu masuk tempat wisata yang menggunakan singa dalam berbagai bentuk dan pose sebagai modelnya. Hanya saja jika dari segi ukuran mungkin patung singa yang ada di depan Stasiun Kota Baru Malang adalah salah satu yang terbesar di Malang Raya.Patung singo Arema (3)

Tulis balasan...