Stasiun Kota Baru Kota Malang

Stasiun Kota Baru MalangStasiun Kota Baru, yang terletak dekat dengan jantung Pemerintahan Kota Malang. Stasiun ini dulunya dibangun oleh Belanda untuk menggantikan stasiun Kota Lama, sebagai akibat dari pemindahan pusat kota Malang dari daerah Mergosono (sekarang) ke tempat yang baru yaitu yang sampai sekarang ini dikenal sebagai pusat Kota Malang.

Dalam kurun waktu sejak dibangun sampai dengan sekarang Stasiun Kota Baru sudah beberapa kali mengalami renovasi, tetapi untuk bentuk aslinya masih tetap mempertahankan bentuknya sejak awal. Desain Stasiun Kota Baru sebenarnya merupakan sebuah kesatuan dalam desain pembuatan pusat kota yang baru oleh Belanda di Malang, yang fungsi awalnya adalah untuk memindahkan sebagian kekuasaan yang sebelumnya berpusat di Pasuruan menjadi daerah baru yaitu di Malang.

Untuk saat ini, saya melihat perkembangan Stasiun Kota Baru menjadi salah satu ikon Kota Malang yang banyak diincar oleh berbagai para wisatawan, baik dari dalam negri maupun luar negri. Bahkan semenjak kemunculan film 5 cm yang cukup laris di perfilman Indonesia beberapa waktu yang lalu, ternyata membuat pamor Kota Malang sebagai Kota tujuan singgah sebelum melakukan pendakian ke gunung Semeru menjadi semakin meningkat. Bahkan di akhir pekan saya sering melihat dan juga berbincang dengan beberapa orang yang berasal dari luar kota, dan mereka bercerita bahwa, sedang dalam perjalanan untuk melakukan pendakian ke gunung Semeru.

Satu hal yang menarik dari film 5 cm, yaitu tentang penjelasan bagaimana perjalanan pemeran film tersebut dengan menggunakan kereta api. Lalu para pemeran film tersebut sampai di Stasiun Kota Baru Malang, dan meneruskan perjalannya ke Tumpang Kabupaten Malang, yang nantinya mereka akan meneruskan perjalan untuk mendaki Gunung Semeru. Saya melihat dengan hadirnya film tersebut membuat nama Stasiun Kota Baru Malang menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Terlepas dari semua cerita di atas, dengan semakin baiknya pelayanan kepada masyarakat yang dilakukan oleh PT KAI, ternyata juga berimbas pada baiknya pelayanan yang diberikan oleh pihak stasiun, dan tidak terkecuali juga pihak dari Stasiun Kota Baru Malang, yang saya amati dari beberapa belas tahun yang lalu sampai hari ini ternyata semakin baik dalam memberikan pelayanan, dan juga dalam hal kebersihannya. Saya pernah beberapa kali menggunakan jasa kereta api di Stasiun Kota Baru Malang, dan ternyata memang sangat memuaskan.

Tulis balasan...