Calosa IT Store

Beberapa waktu lalu saya ingin membeli sebuah handphone baru dan sempat mengecek online mall besar di Indonesia seperti Lazada dan Blibli untuk membandingkan harga. Walau ada promo dan diskon tapi namanya belanja untuk barang yang agak sedikit mahal masih lebih baik melihat sendiri dan memegangnya supaya tahu cocok atau tidaknya. Kalau di Malang untuk membeli notebook dan gadget ada beberapa nama toko yang sudah terkenal, salah satunya adalah Calosa IT Store yang beralamat di Mayjend Panjaitan 21B di sebelah kanan jalan.

Jangan khawatir pasti tidak terlewat kok ada papan iklan besar yang menandakan lokasinya dan logo tombol power dimiringkan 90 derajat ke kanan.

Sewaktu pertama kali masuk wow… sungguh elegan sekali desain interiornya, tidak asal ditumpuk dan penataan barangnya sungguh rapi. Jadi kita bisa langsung melihat masing – masing model laptop atau handphone dan mencoba sendiri kira – kira cocok atau tidak.
calosa-mayjend-panjaitan

Saat baru saja masuk ke Calosa maka salah satu pegawainya akan mendatangi anda dan dengan ramah menanyakan kebutuhan kita sebagai (calon) pelanggan. Dalam hal ini saya dibantu oleh mas Hutomo Kaspar dalam menentukan handphone yang cocok berdasarkan budget dana yang saya miliki. Kurang lebih saya minta handphone dengan RAM 2GB dengan sistem operasi Android kalau bisa Kitkat. Karena sekarang game dan aplikasi cukup boros dalam menggunakan memori juga kapasitas media penyimpanan internal handphone juga menjadi faktor penentu, minimal 8GB lah.

Saya langsung disarankan antara ASUS Zenfone 5, Huawei Honor 3C dan Lenovo S860 (cuma beda sedikit harganya dengan S850) dan semuanya memiliki kisaran harga yang kurang lebih sama sekitar 2jutaan. Semuanya berukuran layar minimal 5 inci dan kamera 8MP. Dari mas Hutomonya sendiri sangat menyarakan Lenovo S860 karena selain sesuai dengan spesifikasi yang saya inginkan juga memiliki kapasitas baterai yang wah, kalau tidak salah 4000 mAh, bahkan karena ada fitur USB OTG (On The Go) bisa dijadikan Powerbank darurat katanya. Awalnya sudah tertarik dan internal storagenya sendiri cukup lega 16GB tapi tidak ada slot untuk microSD. Walaupun tampaknya kecil kemungkinan penuh tapi ya kok rasanya ada yang kurang.

calosa-mayjend-panjaitan-display-handphone

Setelah mempertimbangkan kurang lebihnya akhirnya saya memilih ASUS Zenfone 5 16GB lebih murah dari Lenovo S860 tapi ada slot microSDnya dan kabarnya pertengahan Mei 2015 ini akan muncul update Lollipopnya (5.0).

Proses pembayarannya saya memilih menyicil menggunakan kartu kredit bank Mega, cicilan 0%-nya itu lho yang membuat ringan. Jadi memang bunganya adalah 0% tapi harap anda ingat ada charge MDR (Merchant Discount Rate), saya kena 0.92% kalau tidak salah untuk cicilan selama 12 bulan.

Oh ya tidak ada garansi replace selama 1 hari seperti beli di toko lain, setidaknya di OkeShop kalau ada masalah bisa minta diganti yang baru dalam waktu 24 sejak pembelian. Di Calosa langsung menggunakan garansinya jadi jangan sampai hilang nota pembeliannya sebagai buktinya nanti.

Zenfone 5 yang saya gunakan tidaklah ada masalah, bahkan saya meminta PIN BBM dari masnya tadi untuk konsultasi pribadi dan dengan sabar menjawab setiap pertanyaan saya. Bisa dikatakan layanan customer servicenya mantap, walaupun soal harga tidak bisa mengatakan yang termasuk murah di Malang bahkan bisa dikatakan termasuk tingkatan agak mahal. Tapi yang penting barangnya berfungsi normal dan pelayanannya saat ada masalah menurut saya. Saya jadi tertarik beli laptop baru disana kedepannya nanti.

Cabangnya juga ada di Matos (Malang Town Square) lantai 4 kalau tidak salah, yang paling atas pokoknya dekat dengan Mie Kudusan. Di jalan Bondowoso juga ada, malah tepat di sebelah tempat fitness (gym) dengan nama sama.

Oke, ini pengalaman saya bagaimana dengan pengalaman anda? Apakah sama baiknya atau ada komplain?

One Comment

Tulis balasan...