Soto Kambing Vinolia

“Selesaikan dengan Soto”

Kalau menyebut “soto Kambing,” ada beberapa spot di Malang yang boleh dijadikan periksa. Sebut saja – soto tengah sawah, soto kambing landungsari dan satu lagi soto kambing jalan Vinolia ini. Dulunya soto ini jualan mulai lepas Ashar, di pelataran pasar Dinoyo, kemudian pindah ke lokasi baru ini ketika pasar Dinoyo dirombak seperti sekarang. Nah, di TKP baru inilah justru nikmatnya makan soto kambing ini bener – bener terasa. Ada 2 alasan.

Pertama, tentu saja, menunya. Soto kambing ini jika dibanding 2 TKP lainnya, menawarkan citarasa yang lebih segar dan manis. Cocok banget dengan selera saya. Kuahnya ringan dan gurih, dengan sentuhan koya dan sambal yang langsung di sendokkan di mangkuk plus kecap manis ditambah sentuhan tipis jeruk nipis, baru dibagian kuahnya soto khas ini layak dibilang weeeNaaak. Giliran dagingnya, uempuk dan sedep. Tidak ada aroma kambing sama skali, meluncur lancar tanpa perlu banyak usaha mengunyah. Sampe jerohan-jerohannya pun matang sempurna.
soto kambing vinolia

Disini juga bisa nambah pilihan gorengan seperti babat, paru, daging, maupun kebuk. Menariknya, gorengannya sendiri juga juara, empuk dan tumbar Bawang nya terasa. Seporsi ini + kebuk goreng + teh hangat 11ribu saja sodara. Pantes. Anda bisa memilih antara nasi atau lontong untuk landasannya hehe.

Alasan kedua, makan disini serasa membawa nostalgia saat di desa, dimana kita makan bersama di dapur dengan dinding gedek setengah terbuka, ditambah aroma bakaran kayu plus asap-asapnya. Kita duduk mengelilingi tungku kayu, sambil menunggu embah meracik dan mengulurkan mangkuk-mangkuk makanan. Panasnya dapur, ditambah masakan panas berkuah yang diciduk langsung dari panci “segede gaban” berisi kuah soto “umup molak malik” bener-bener menyempurnakan “ritual” makan siang itu. Derasnya keringat terasa segar ketika hembusan angin meniup kedalam dapur, serasa di dunia yang berbeda. Nuansa itu ada di warung ini – feels like home – nostalgic.

Lokasinya sangat mudah ditemukan, klo dari arah dinoyo – lokasinya kiri jalan tepat setelah jalan turunan n tanjakan di belakang sentra keramik dinoyo. Buka mulai jam 11 siang, pelayanan cepat dan ramah. Penyajian bersih pula. Klo jam makan siang-siang siap-siap ngantri ya

Monggo

Kontributor: Mas Onny Tuna.

Tulis balasan...