Lontong Ceker Pedes Tjangkir13

Berani coba?

“Sruputan pertama masih biasa – sruputan kuah yang kedua mulai terasa – selanjutnya ga bisa berhenti saya” – MOT.

Kulit kepala gatal, hidung berair dan membuka jaket – itu reaksi saya ketika “berhasil” menyelesaikan menu unik racikan sobat saya mas Anggache Caesar Rossa – Lontong Ceker Pedes “Pak Bayan” yang TKP nya ada di Kedai Kopi Tjangkir13, Jl. Cengger Ayam 1/1A Malang, tepat disamping lapangan Futsal.

Dari awal dihidangkan – saya yang bukan penggemar pedas – ini sudah ragu – ragu untuk melahap. Tapi, setelah diyakinkan bahwa ini versi yang Pedesnya standar alias sopan – majulah saya ke “medan laga”. Buat anda pecinta pedas – jangan khawatir anda bisa request pedes sak ndomblene.
lontong-ceker-pedes-tjangkir13

Lontong Ceker ini buka dari jam 4 sampe sak habisnya. Ada yang unik dari cerita ownernya mengenai pembuatan menu ini. Adalah proses “rumatan” yang dilakukan sebelum mengolah cekernya. Menurut mas Angga- sebelum diolah ceker ayam di “rumat” dahulu melalui proses : penyiangan (menghilangkan kulit luar dan memotong kuku) – pemijatan (menghilangkan lemak dan melemaskan urat2″ – pembakaran. Setelah melalui tahap2 itu, ceker direbus tanpa bumbu untuk mengempukkan, terakhir direbus ulang dengan bumbu pepek untuk meresapkan bumbu dan melunakkan cekernya. Seru ya.

Walhasil, meskipun sederhana dan murah harganya – 8ribu per porsi – untuk citarasa boleh di uji coba. Penyajiannya cepat dan bersih, bisa tambah cabe/pedes suka – suka, yang jual ramah pula. Walau tidak pake presto tapi hasil olahan cekernyo uweeempuk alias mrupul sodara. Ditimpa kuah pedas nan segar – bolehlah menu ini dicoba.

Monggo.

Kontributor: Mas Onny Tuna.

Tulis balasan...