Jenang Jowo Sukun

Let’s get Slow – waktunya “Jenang Jowo”

Sudah lama skali pengen nulis tentang “Jenang Jowo” yang satu ini. TKP nya tepat disamping toko Tahu Sukun 99, jalan S Supriadi, berupa gerobak dorong kecil dijaga ibu-ibu ramah yang mulai menggelar dagangannya jam setengah 6 dan biasanya ludes sebelum jam 8.

Menu yang dijajakan “hanya” berupa jenang, dikemas cup kecil di bandrol 3ribu per cupnya dan santan dikemas terpisah, bersih. Praktis – murah – weeeeNaaaak.
jenang-jowo-sukun

Jenang Jowo yang dijual disini terdiri dr 3 jenis : jenang sumsum – jenang grendul n jenang mutiara. Citarasanya perpaduan manis-asin dan gurihnya santan plus legitnya gula merah damai dan nyaman. Jadi inget masa kecil

Note : Jenang adalah menu yang sudah ratusan tahun bertahan di tanah jawa. Kehadirannya menjadi ikon tak terpisahkan dalam tiap lelaku hidup sampai mati. Salah satu komponen jenang ini, jenang sumsum, adalah jenang paling populer dikalangan masyarakat jawa. Saking populernya – klo setiap slesai hajatan besar selalu dibagikan jenang sumsum itu untuk menghilangkan capek-capek. tulakkesel.

Monggo

Kontributor: Mas Onny Tuna.

Tulis balasan...