STMJ bang Jack

Sudah ngeSTMJ kena Kopi pula.

Apa jadinya klo STMJ (Susu Telur Madu Jahe) bertemu dengan Kopi ? Kopi? Iya kopiii.

Adalah warung STMJ bang Jack yang tkpnya di jalan LA Sucipto, nempel toko bangunan tepat di bawah baliho bando dekat lampu merah. STMJ bang Jack ini dimulai tahun 1985 dan di malang hanya ada 2 vendor stmj selain warung ini yaitu stmj kawi.

Usahanya sempat mengalami pasang surut dan sempat tutup – dan bang jack baru membuka lagi warung Stmjnya ini 2 tahun terakhir.
warung-stmj-bang-jack

STMJ Kopi ala bang Jack ini ihwalnya hasil temuan ga sengaja. Kehabisan coklat maka digantikannya dengan kopi, “Lha koq ndilalah banyak yang seneng mas,” ujarnya sambil meracik bahan – bahan stmj.

Ohya, stmj bang Jack ini dari sisi bahan sama – tp beda teknik mencampurnya lo. Konon inilah yang membuat Stmj bang Jack memiliki tekstur yang soft, berbusa dan anti eneg. Stmj di tempat lain, semua bahan dicampur dari awal dan diaduk bersamaan baru dicampur susu n air jahe, disini beda dulur. Diawal kuning telur ayam kampung dalam gelas dituang dengan susu mendidih dan diaduk rata – nah disinilah bedanya dengan stmj lain – kemudian ditambahkan madu+air perasan jahe+bubuk kopi+ma’jun (alias pala bubuk). Semua bahan diaduk rata – hingga berbusa dan ngeblend cantik. Terakhir disaring untuk memisahkan ampas kopinya. Ga sampai 10 menit sluruh proses selesai dan stmj Kopi siap disruput.
stmj-kopi-bang-jack

Yang pertama saya cari adalah aroma kopinya yang samar – samar menguar bersama campuran aneka bahan tadi. Rasa kopi-legitnya madu,susu dan telur – plus sengatan lembut jahe n pala muncul bersamaan. #moiiiiii. Layak dicoba sodara2 – dan bener – bener bikin melek. Rasa kopi yang kuat menjadi lebih soft dan berasa nyaman ketika perlahan masuk bersama bahan – bahan “oplosan” yang lain. Dan surga ini hanya 9ribu rupiah saja sodara2.

Suwun bang Jack untuk sharing ilmunya. Iso dibaleni.

#WeeeeNaaaaak

Kontributor: Mas Onny Tuna.

Tulis balasan...